This beach has a unique panoramic view of the coast, on the west side we will find a cluster of granite rocks which have the form - the form and format diversity. Later in the east we will find white sandy beaches along the eye can see. The beach is facing north and decorated with islands - small islands and rocks that stand alone as it grows in the middle of the ocean. There are two unique rock where the rock is shaped like a turtle - a giant tortoise and a big bird in the middle of the ocean"

Objek Wisata Pantai Tanjungkelayang adalah salah satu pantai yang indah yang dimiliki Belitung. Tidak cuma itu, Tanjung Kelayang juga merupakan salah satu pantai terbaik untuk menikmati suasana sunset di Belitung. Berkunjung ke Pantai Tanjung Kelayang, pengunjung akan disajikan pantai berpasir putih dengan formasi batu granit unik yang kuat berdiri tegak dalam berbagai bentuk. Ikon Pantai Tanjung Kelayang adalah Batu Kelayang yang difungsikan sebagai Maskot Sail Wakatobi – Belitong 2011 untuk Belitung.

Batu Kelayang inilah yang mendasari mengapa pantai ini bernama Pantai Tanjung Kelayang. Pesona Tanjung Kelayang ini dikelilingi oleh pulau-pulau kecil dimana ini akan terlihat sempurna saat matahari senja datang. Para pengunjung dapat menghabiskan liburan mereka di sini dengan menyelam, berenang, berjemur, memancing, serta berbagai atraksi wisata lainnya.

Jika menyusuri kawasan tepian Pantai Tanjung Kelayang, setiap pengunjung dapat melihat penyebaran bebatuan granit sepanjang tepian pantai. Ukurannya pun bervariasi, dari yang kecil hingga yang berukuran sekitar 5 meter. Dengan adanya formasi unik dari batu granit di Pantai Tanjung Kelayang ini, sering menjadi magnet tersendiri bagai para wisatawan, traveler, photographer untuk berburu momen spesial dalam bentuk photo ataupun video yang hanya ada di pantai Tanjung Kelayang, Billiton Island – Indonesia.

 
Top