"Bintan is the largest island in the Riau islands extending from Malacca to the South China Sea and has approximately 3,000 large and small islands, stretches across Singapore and Johor Baru, Malaysia. Bintan fairly strategic location because it is located on the southern peninsula of Malaysia at the mouth of the waterway and its history is a favorite stopover for merchant ships India and China for shelter from the storm and provisions."

Tujuan wisata teratas di sini adalah Bintan Resort, destinasi wisata berupa pantai yang spektakuler di utara pulau dengan luas 23.000 hektar di atas pasir putih yang menghadap ke Laut Cina Selatan. Pulau ini juga memiliki jejak sejarah yang memukau di Tanjung Pinang dan Penyengat. Ada pula lokasi untuk surfing, ekowisata dan berbagai event internasional.

Seafood adalah makanan andalan di Kepulauan Riau. Seafood segar dan cukup murah disajikan di restoran panggung kuno, yang disebut Kelong - menghadap ke laut, di warung pinggir jalan atau di restoran. Coba kepiting bumbu pedas yang lezat, ikan kukus, atau udang mabuk. Keistimewaan Bintan adalah "Gong Gong" atau Keong mutiara (Strombus Canarium) yang dapat ditemukan hanya di sekitar Bintan dan kepulauan Batam.

Pasar basah yang biasanya dipenuhi orang yang patut dikunjungi. Penawaran berlaku hampir untuk semua makanan laut terutama yang masih segar

 
Top