"Maluk beach is a tourist mainstay of the island of Sumbawa, West Nusa Tenggara. Its location is very easy to accomplish and be in the hustle of the small town of Maluk making it easier for travelers to enjoy the beauty of this beach. Beach in the village of Maluk Maluk, District Jereweh, Regency of West Sumbawa Indonesia."

Para penikmat wisata alam berupa pantai, mungkin sudah tak asing lagi dengan keindahan pantai dan pulau-pulau di Nusa Tenggara. Selain Lombok, Pulau Sumbawa juga menyimpan banyak pesona keindahan alam yang luar biasa. Salah satu pantai yang menjadi andalan wisata pantainya adalah Pantai Maluk.

Lokasi dan Transportasi Pantai Maluk bisa anda temukan di Desa Pasir Putih, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat. Letaknya memang cukup jauh dari pusat kota Taliwang yang merupakan ibukota dari Sumbawa Barat, yakni sekitar 40 kilometer. Namun, tidak begitu sulit untuk mencapainya karena petunjuk jalan yang jelas serta letaknya yang masih berada dalam kawasan perkotaan. Jika anda datang dari Pulau Lombok, anda bisa menyebrang dari Pelabuhan Kayangan, menuju Pelabuhan Pototano di Sumbawa Besar. Penyebrangan dengan kapal ferry akan mengabiskan waktu sekitar 1 hingga 2 jam, setibanya di Pelabuhan Pototano, anda bisa melanjutkan perjalanan darat selama kurang lebih 2 jam lagi untuk mencapai pantai ini.

Namun, bagi anda yag tak ingin repot dari Kota Mataram di Pulau Lombok, anda bisa naik bis damri jurusan Mataram-Taliwang-Maluk dengan ongkos kurang lebih sekitar Rp 70.000*) per orang. Setibanya di Maluk, anda tinggal naik ojek untuk mencapai pantai dengan ongkos kurang lebih Rp 10.000*) per orang. Anda bisa menggunakkan angkutan lain berupa cidomo yakni kendaraan yang mirip dengan delman jika jarak anda tidak begitu jauh, atau anda bisa menyewa kendaraan berupa motor atau mobil apabila ingin lebih leluasa menikmati keindahan alam yang di miliki oleh Pulau Sumbawa.

 
Top