"In Depok Beach, travelers or visitors really will be spoiled for culinary affairs. In coastal areas which is just 1.5 kilometers west of Parangtritis, scattered hundreds of food stalls. There are small shops, but there is also great. Most remained in a traditional feel. Most of them are home eating a stage with a wall and a bamboo frame. Most of the wall deliberately left open. So sit back in the stall alone, felt the breeze relentless"

Di tempat inilah, berbagai jenis ikan dijajakan. Rata-rata masih dalam kondisi segar atau fresh. Sulit menemukan ikan dalam kondisi sudah tak layak konsumsi. Sebab Pantai Depok menjadi salah satu tujuan utama wisatawan saat ke pantai selatan. Karena itulah, permintaan terhadap ikan laut berbagai jenis juga sangat tinggi.
Berbagai jenis ikan laut tersedia disini dengan harga terjangkau seperti ikan kakap, cakalang, bawal, bandeng, tongkol, layur, kepiting, udang, pari, kerapu, cucut dan cumi-cumi. Kalau beruntung, bisa ditemui juga ikan hiu kecil dan lain sebagainya.

Saat Anda berkeliling pasar ikan, jangan heran atau risi, bila ada orang yang nginthil atau mengikuti kemanapun langkah Anda. Orang itu, adalah utusan khusus dari rumah-rumah makan yang akan menawarkan jasa memasak untuk ikan yang Anda beli. Tarifnya cukup murah. Hanya sekitar Rp 15 ribu perkilogram. Bahkan, tak jarang mereka dengan senang hati memberi saran dalam memilih ikan dan bahkan menawar harga.
Tentu saja, untuk itu Anda harus mengajaknya sedikit menyingkir dari hadapan penjual atau pedagang ikan. Ini perlu dilakukan, agar orang itu tidak perlu merasa canggung dan tidak enak hati dengan pedagang.Pantai Depok
Bosan berkeliling warung dan Pasar Ikan Segar, Anda juga bisa mendekati bibir pantai. Bukan hanya menikmati deburan ombak yang berkejaran, Anda bisa juga melihat aktivitas nelayan yang tengah mendarat. Mereka biasanya sibuk mengurus berbagai perlengkapan melaut dan menangkap ikan. Saat itu, jangan segan merapat. Jika menginginkannya, Anda bisa saja membeli ikan hasil tangkapan nelayan sebelum dilelang di TPI. Tentu, harganya jauh lebih murah ketimbang membelinya di pasar..(jalanjogja.com)

 
Top