Pantai Pancer terletak di pantai Pulau Jawa sebelah selatan tepatnya di kecamatan Pesanggaran, ujung barat daya Kabupaten Banyuwangi. Pancer sendiri adalah nama sebuah dusun yang terletak di sebelah selatan kota Banyuwangi, tepatnya di kecamatan Pesanggaran, ujung barat daya Kabupaten Banyuwangi. Nama pancer di ambil atau berasal dari nama pengendali perahu.
Pancer banyak di kunjungi wisatawan yang datang dari luar daerah untuk menikmati keindahan pantai dari atas dermaga batu yang menjulang ke selatan dari pesisir pantai pancer. Selain itu, banyak pula pengunjung yang datang untuk keperluan menyalurkan hobby memancing ikan. Di Pantai yang berlokasi tidak jauh dari Pulau Merah ini, para wisatawan dapat menikmati pemandangan Pantai laut selatan yang berwarna biru. Tidak hanya menikmati keindahan Pantai, wisatawan juga bisa menikmati keelokan laut secara langsung dengan naik kapal nelayan yang telah disediakan oleh masyarakat sekitar.
Jarak Pantai Pancer dengan Pulau merah hanya beberapa kilo saja. Untuk itu, jika Anda berkunjung ke Pulau merah adalah tepat jika sekaligus menikmati keindahan Pantai Pancer. Ombak Pantai Pancer yang tidak terlalu tinggi sangat cocok untuk peselancar pemula. Dan ketika senja mulai turun, Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler.
Pancer terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota dan bisa dicapai dalam waktu 10 menit dengan sepeda motor. Beberapa homestay dan penginapan bisa ditemukan tidak jauh dari pantai ini. Beberapa dari homestay ini juga menyewakan surfing board, sepeda motor, dan jasa pelatihan bagi yang tertarik untuk belajar surfing.
 
Top