Trianggulasi merupakan salah satu Pantai yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Lokasinya tidak jauh dari Pura Luhur Giri Salaka dan Pantai Ngagelan. Selain itu, pantai ini juga hanya berjarak 2km saja dari pantai Plengkung yang sudah terkenal itu.
Nama Trianggulasi diambil dari sebuah Tugu Trianggulasi, yaitu tugu penanda titik ikat dalam pengukuran dan pemetaan yang terletak sekitar 500m dari utara pantai. Masyarakat setempat sering menyebutnya pantai tanggul asri karena susah menyebut Trianggulasi.
Pantai yang berada di desa Tegaldlimo ini mempunyai formasi hutan Pantai yang masih lengkap, didominasi pohon nyampung, bogem dan pandan laut. Kondisi Pantainya berpasir putih bersih dilengkapi dengan air laut berwarna biru.
Ombak di pantai Trianggulasi ini cukup tinggi dan tergolong tidak aman untuk berselancar. Karena itu pengelola pantai tidak mengijinkan pengunjung untuk berselancar ataupun berenang di pantai ini. Namun lokasi pantai ini sangat cocok untuk kegiatan wisata bahari lainnya yang tidak kalah seru, yaitu berkemah dan menyaksikan indahnya matahari tenggelam. Selain itu, di sekitar pantai terdapat banyak monyet yang menyambut para pengunjung yang datang.
 
Top