" Garut is not separated from the stunning natural scenery. In addition to the landscape of the mountains that lie on each side of the city of Garut, there are also some beautiful beaches and is suitable to be your holiday destination. One is the Santolo Beach Beautiful located in Pamengpeuk, precisely in the District Cikelet south of Garut city center. Distance from the coastal town of Garut about 80 km and can be reached by traveling overland approximately 3.5 hours. Although it is quite far away, but the atmosphere the way to the beach is very indulgent eye with a view of serving the mountains and winding."

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan memanjang dari barat ke timur. Di sana terdapat tempat berlabuh dan berkumpulnya para nelayan tradisional. Selain itu di kawasan pantai ini juga terdapat sebuah stasiun tempat peluncuran roket milik LAPAN (Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional.

Di Pulau Santolo ini memang agak berbeda keadaan pantainya, meskipun tetap berpasir putih dan masih jernih airnya tetapi penuh dengan batuan karang. Jangan takut, masih tetap indah kok, sebab di sini spot paling cocok untuk camping bagi yang memiliki jiwa petualang. Untuk yang tidak suka camping, di sekitar pantai Santolo banyak losmen dan penginapan dengan harga yang sangat terjangkau (berkisar antara Rp. 100.000,- sampai Rp. 200.000,- per malam).

Selain kita bisa menikmati suasana pantai yang tenang, di pulau Santolo juga terdapat muara Cilauteureun yang cukup populer. Dinamakan Cilauteureun karena air laut di muara ini bergerak bukan menuju laut, melainkan kembali lagi ke arah muara. Sederhananya biasa disebut air laut yang mengalir ke darat. Konon peristiwa seperti ini hanya bisa ditemukan di dua tempat, yakni di Santolo Garut dan Prancis.

 
Top