Pantai Karang Nini Pangandaran merupakan salah satu obyek destinasi wisata pantai yang masih alami. Letak pantai yang berhadapan dengan samudera Indonesia, serta berdekatan dengan hutan tropis yang jaraknya tidak jauh dari bibir pantai. Pantai Karang Nini yang berlokasi di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucuang +/- jaraknya 83 km dari Kabupaten Ciamis. Jawa Barat.

Jalan setapak menelusuri pinggir hutan tepi pantai yang berbatu di sertai area tanah yang berundak membentuk bukit-bukit kecil merupakan jalan yang harus kita tempuh dari area parkir kendaraan menuju lokasi tepi pantai. Jarak dari area parkir kendaraan hingga ke Pantai Karang Nini tersebut berjarak +/- 500 meter.

Suara deburan ombak yang memecah disertai dengan angin laut yang kencang, dan suara burung, serta hewan lainnya di sekitaran dinding hutan tropis merupakan suasana yang diciptakan alam dalam menyambut kehadiran setiap pengunjung di lokasi pantai.

Apa yang  menjadi daya tarik Pantai Karang Nini Pangandaran ?

Pantai Karang Nini Pangandaran memiliki daya tarik pesona alam yang sangat indah, bila kita sampai di lokasi pantai ini pada keadaan sore hari kita dapat menikmati pemandangan sunset yang tenggelam di tepi pantai melalui dinding karang hutan tropis yang berada di pinggir pantai ini.

Dari pengalaman saya pribadi, bila kita sampai pada waktu sore hari pada jam 17.00 WIB, segeralah mengambil posisi daerah dataran tinggi atau bukit di sekitar tepi pantai. Anda akan menemukan suatu pemandangan yang bagus pada saat udara cerah di arah sebelah barat Pantai Karang Nini ini.

Bila waktu masih terlalu siang dan cukup lama, turunlah ke pinggir pantai, di mana kita dapat bermain pasir laut di tepi bibir pantai yang indah. Pantai ini banyak memiliki batu karang yang dapat dijadikan spot obyek pengamblan gambar photo. Salah satunya anda dapat mengambil gambar photo di sebuah kaang besar yang memiliki cerita legenda tentang Pantai Karang Nini.

Bila anda membawa tripot, anda dapat mengabadikan gambar photo diri anda sendiri, seperti apa yang anda bisa lihat di bawah ini. Timer pada kamera bisa kita aktifkan, maka kita tinggal mengambil pose yang kita suka.

Cerita Legenda Pantai Karang Nini Pangandaran.
Konon menurut cerita legenda masyarakat di daerah tepi Pantai Karang Nini Pangandaran yang menjadi latar belakang yang terdapat di photo saya tersebut di atas merupakan batu karang yang berasal dari seorang wanita tua yang sedang menunggu suaminya mencari nafkah di laut yang tidak kembali pulang dan tahu kabar keberadaannya pada waktu itu.

Dengan pengabdian seorang nenek atau nini dalam bahasa Sundanya, yang menanti kepulangan suaminya, dia bermohon kepada Tuhan agar dia tetap di posisinya sambil menunggu kepulangan sang suami dari mencari ikan di laut. Hingga tubuh si nenek tersebut menjadi batu karang di tepi pantai ini.

Secara garis besar cerita dari legenda pantai Karang Nini Pangandaran ini, mengingatkan kepada kita semua sebuah arti pembelajaran hidup, dari sebuah kesetiaan cinta dan kasih sayang sepasang manusia yang tidak mengenal batas ruang dan waktu.

 
Top