Pulau Balai yang secara administrative terletak di kecamatan Pulau Banyak merupakan gerbang awal bagi para pelancong untuk memulai eksplorasi pada hamparan pulau-pulau kecil yang berserakan di gugusan Pulau Banyak.

Tidur Dimana?
Bagi para pelancong, Pulau Balai memiliki beberapa fasilitas sederhana untuk menginap. Penginapan Nanda, Lae Kombih dan Putri adalah tiga  penginapan yang dapat dipilih selama berada di Pulau Balai. Tidak sulit menemukan fasilitas bermalam tersebut karena 2 penginapan yang disebutkan diawal terletak dipinggir laut bersisian dengan pelabuhan tempat kapal nelayan dari Singkil merapat. Harga terendah untuk kamar tanpa AC dan toilet di Penginapan Nanda adalah 100.000 rupiah sedangkan kamar ber-AC serta fasilitas toilet didalamnya  diberi tarif 150.000 rupiah. Untuk menginap di tempat yang lebih murah, anda dapat memilih Penginapan Lae Kombih. Harga kamar di penginapan ini berkisar antara 50.000 hingga 100.000 rupiah. Begitupun dengan penginapan Putri di jalan Iskandar Muda.

Selain di pulau Balai, pengunjung juga dapat menginap di satu-satunya cottage yang ada di pulau Palambak Besar. MB Camp Palembak namanya. Disini setiap orang dikenai biaya sebesar 200.000 rupiah permalam, sudah termasuk sebuah cottage untuk 2 sampai 4 orang dan makan tiga kali sehari.

Mau Makan Apa?
Gulai ikan hiu? makan gak ya?
Yang pasti nasi. Ada beberapa warung di perempatan jalan Iskandar Muda dan jalan Makmur, lokasi yang juga berhadapan langsung dengan penginapan Nanda dan Lae Kombih yang menawarkan menu makan siang dan malam. Sarapan bisa dilakukan di Warung Heldi yang berada tepat didepan penginapan Nanda.  Masih di jalan Iskandar Muda, ada satu warung mie yang buka dari sore hingga pukul 3 dini hari. Selain mie aceh, pengunjung juga bisa menikmati bakso, teh tarik dan kopi di warung yang dilengkapi juga fasilitas TV flat layar lebar. Cocok buat yang suka nongkrong hingga larut malam sambil nonton pertandingan bola.

 
Top