Beberapa aktifitas & kegiatan wisata yang biasa dilakukan oleh wisatawan selama berada di Gili Trawangan antara lain menyelam / Diving, Snorkeling, Fishing, Biking, Walking, Horse Riding dan kegiatan lainnya.

Diving.
Gili trawangan dan dua gili lain di sekitarnya yaitu Gili Meno dan Gili Air merupakan tempat terbaik untuk melakukan penyelaman di pulau Lombok. Gili trawangan merupakan coral island, keindahan pemandangan bawah laut dapat anda temui hanya beberapa langkah di depan anda. Untuk urusan penyedia jasa, Gili trawangan memiliki fasilitas yang sangat lengkap dengan standarisasi baik nasional (PADI) maupun internasional. Beberapa diantaranya yang sangat terkenal seperti Blue Marlin Dive dan Dream Divers. Beberapa yang lain dengan reputasi sangat baik antara lain Manta Dive, Big Bubble, Trawangan Dive dan Vila Ombak Diving Academy yang dikelola oleh Hotel Vila Ombak. Lihat daftar diving shop & Diving Spot di Gili Trawangan..

Snorkeling.
Untuk anda yang ingin menikmati pemandangan bawah laut Gili Trawangan dengan lebih simple, Snorkeling adalah pilihannya. Banyak sekali tempat penyewaan peralatan Snorkeling untuk anda yang hanya sekedar ingin menikmatinya di sekitar pantai saja. Sedangkan untuk anda yang ingin merasakan lebih, banyak tersedia paket-paket snorkeling lengkap dengan instruktur dan perahu yang akan membawa anda ke spot-spot koral menarik di sekitar Gili Trawangan.

Fishing.
Memancing juga merupakan kegiatan favorit bagi wisatawan penggila memancing di Gili Trawangan. Terdapat beberpa spot memancing yang sangat baik serta penyewaan perahu sebagai sarana penunjang, untuk masalah peralatan, apabila anda seorang professional sebaiknya anda membawanya sendiri, karena peralatan yang ada masih tradisional.

Biking.
Gili Trawangan adalah sebuah pulau kecil yang dapat dikelilingi dengan bersepad santai hanya sekitar 1,5 Jam. Selama berpetualang mengelilingi pulau anda akan melihat keindahan pantai Gili Trawangan dengan airnya yang jernih berdragasi warna biru, menemukan tempat-tempat tersembunyi cocok untuk mengambil beberapa foto dan meminum air kelapa muda di warung tradisional penduduk.

Horse Riding.

Selain mengelilingi pulau dengan menggunakan sepeda, and bisa mencoba cara lain yakni dengan menunggang kuda. Terdapat fasilitas penyewaan kuda di pulau ini lengkap dengan instruktur yang akan memberi pengarahan apabila anda seorang pemula.

Walking.
Dengan hanya berjalan kaki anda bisa mengeksplorasi seluruh pulau, berenang di pantai yang sepi, melewati jalan-jalan setapak melihat sunrise dan sunset.

Sebagian jalan cukup jarang dilalui sehingga banyak terdapat duri, di beberapa tempat juga pantai terlihat sedikit longsor. Pastikan anda menggunakan alas kaki yang baik serta membawa air minum jika ingin berjalan kaki mengelilingi pulau.

Eat & Drink.
Bisa dikatakan bahwa Gili Trawangan adalah surga bagi pecinta wisata kuliner. Beranekaragam restaurant dari berbagai kelas manawarkan beraneka macam menu, bahkan beberapa restaurant juga menawarkan film melalui layar besar di pinggir pantai. Selain cafe dan bar, hampir semua hotel kelas atas di sini juga memiliki restaurant sendiri, sehingga semakin memeriahkan suasana kuliner di pulau ini.

Untuk anda yang ingin makan masakan Indonesia, terdapat sebuah restaurant dengan nama Warung Indonesia yang menediakan masakan seperti soto, nasi goreng, es campur dan lain-lain. Lokasinya kurang lebih berada di belakang Buddha Dive.

Untuk anda yang ingin berhemat, Green Cafe di kawasan Pasar Seni menawarkan menu indonesia dengan harga yang murah. Sementara di malam hari, banyak terdapat penjual makanan di sekitar area pasar seni dengan harga yang cukup murah pula.

Watching Movie.

Sambil bersantai di malam hari baik sendiri atau bersama pasangan anda dapat mencoba untuk menonton film layar lebar di pinggir pantai sambil menikmati makanan, minuman dan angin pantai yang sejuk menerpa tubuh dan wajah.

Terdapat banyak pilihan tempat yang menyediakan film di pinggir pantai, ada yang dalam bentuk TV dan ada yang dalam bentuk layar lebar dengan jenis film yang beraneka ragam. Kebanyakan dari mereka tidak memungut biaya, untuk dapat masuk syaratnya hanya membeli minuman.

Going Out.
Selain melakukan aktifitas di dalam Pulau dan sekitarnya, anda juga bisa mengunjungi objek wisata lain yang terletak di luar Gili trawangan, seperti Labuan Bajo, Sumbawa, Bima  dan mengunjungi Pulau Komodo. Terdapat beberapa perusahaan Travel yang menyediakan paket wisata ini dengan kelebihan dan kekurangannya, silahkan anda pilih sendiri disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Selain aktifitas di atas, wisatawan masih dapat melakukan banyak kegiatan lain di Gili Trawangan, seperti bermain surfing, speed boat, berselancar angin, menyewa perahu dan kapal pesiar untuk berpesta dan banyak kegiatan lainnya, semua fasilitas tersebut ada di pulau ini. Banyak juga wisatawan di Gili Trawangan yang hanya menghabiskan waktu di pinggir pantai sambil berjemur atau membaca buku.

 
Top