Kabupaten Malang terkenal dengan pantainya yang indah. Karena banyaknya pantai tersebut, tak salah jika kota ini mendapat julukan “kota seribu pantai”. Pantai pertama yang akan Anda jumpai dalam perjalanan dari kota Batu/kota Malang ketika menuju jajaran pantai Kabupaten Malang di daerah selatan yaitu Pantai Tamban.

Pantai Tamban terletak bersebelahan dengan Pantai Sendang Biru, sekitar 65 kilometer arah selatan kota Malang. Tepatnya berada di Desa Tambakrejo atau Desa Tamban, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih sepanjang 1500 meter yang sangat indah. Di Pantai Tamban ini Anda bisa leluasa menyaksikan panorama lautan lepas. Bisa juga melihat panorama Pulau Sempu yang berada di tengah laut selatan ini.

Menariknya, Pantai Tamban merupakan bagian dari Desa Wisata Tamban. Oleh karena itu wisatawan tidak hanya bisa pergi ke pantai saja, namun bisa juga melakukan beragam kegiatan wisata menarik lainnya. Misalnya mengelilingi desa asri dengan view perbukitan dan sungai, berkunjung ke Pulau Sempu, pergi ke tempat pelelangan ikan, memancing dari tebing, serta berperahu wisata menyusuri Pantai Tamban. Di Desa Wisata Tamban ini juga dilengkapi dengan fasilitas akomodasi berupa homestay dan penginapan. Perahu wisata milik nelayan yang ada di sini pun siap untuk mengantar pengunjung menuju ke Pulau Sempu yang tak jauh dari desa wisata. Di pulau ini Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas pantai seperti jet ski, parasailing, diving, surfing, melihat watu luwak, dan masih banyak lagi.

Menyusuri pantai dengan perahu wisata tersebut dijamin dapat meningkatkan adrenalin Anda. Gelombang laut serta angin yang berhembus cukup kencang membuat perahu terguncang naik turun. Wisatawan pun akan merasa terombang-ambing di tengah lautan. Setiap perahu wisata ini hanya diperbolehkan mengangkut maksimal 12 penumpang. Ada beberapa rute perahu wisata yang telah disediakan yakni melihat lokasi pemancingan dari laut—pesisir pulau Sempu—muara sungai dengan harga Rp  15.000 per orang. Ada pula rute  mendarat di pasir putih Pulau Sempu selama 30 menit dengan harga Rp 20.000 per orang.

Oya, di kawasan Pantai Tamban juga tersedia lokasi untuk snorkling dan berenang dengan air laut yang cukup hangat. Bagi pengunjung yang hobi dalam dunia fotografi, di seputaran lokasi wisata Pantai Tamban terdapat spot obyek foto yang sangat indah. Landscape yang komplit dapat Anda temukan di pantai ini, mulai dari dataran tinggi berupa perbukitan, tebing kapur yang curam, lautan dengan ombaknya, biota laut, batu-batu karang, dan sebagainya. Kawasan wisata Pantai Tamban juga dapat dijadikan lokasi pemotretan pre-wedding yang menantang sekaligus menyajikan momen-momen indah yang tidak terlupakan. Pengunjung dapat mengambil obyek foto sepuasnya, mulai matahari terbit sampai senja tiba. Anda juga bisa melihat keistimewaan pantai ini yakni sebuah sungai yang langsung mengalir ke laut.

Berbagai biota laut yang beragam dan unik pun dapat ditemukan di Pantai Tamban. Seperti beragam siput laut dan kerang yang eksotik, baik berukuran kecil maupun besar. Bila musim ikan datang, Anda dapat melihat para nelayan yang menangkap ikan kerapu dan ikan kakap merah maupun putih dengan mudah. Bahkan adakalanya nelayan mendapatkan ikan hiu.

Lelah menikmati panorama laut dan berjalan menyusuri pantai, pengunjung dapat mampir di warung yang menyediakan menu ikan bakar yang lezat. Selain itu Anda juga dapat membawa ikan segar sebagai oleh-oleh dengan harga yang cukup murah. Bila beruntung, saat musim ikan pengunjung bisa mencicipi dan membeli beraneka jenis ikan hiu maupun gurita. Tiket masuk ke Pantai Tamban yaitu Rp 6.000.

Untuk menuju obyek wisata ini terdapat dua jalur dari pusat kota Malang. Jalur pertama yaitu kota Malang—Pakishaji—Kepanjen—Gondang Legi—Turen—Sumbermanjing Wetan—Tambakrejo—Pantai Tamban. Adapun jalur yang kedua yaitu Malang—Bululawang—Turen—Sumbermanjing Wetan—Tambakrejo—Pantai Tamban.

Saat berada di Malang, sempatkan pula untuk menjelajahi pantai indah lainnya seperti Pantai Balekambang, Pantai Gua China, Pantai Ngliyep, Pantai Bajul Mati, dan lain-lain.  Lelah berwisata, Anda bisa beristirahat di Hotel Sahid Montana, Tugu Malang Hotel, Gajahmada Graha Hotel, atau Hotel Kartika Graha.

 
Top