Gunungkidul, salah satu kabupaten yang ada di Jogjakarta ini tak henti hentinya menawarkan keindahan alam, khususnya pemandangan di sepanjang pantai yang berjajar di daerah tersebut. Setelah kemarin menulis tentang pantai indrayanti, kali ini pamungkaz.net akan mengulas tentang salah satu wisata pantai yang ada di Gunungkidul tersebut. Nama pantai ini adalah pantai sepanjang.

Jika ditilik dari namanya, dinamakan pantai sepanjang mungkin karena garis pantainya yang panjang membentang dari barat ke timur. Selain itu pantai ini juga sering disebut dengan pantai kuta jaman doeloe. Memang pantai sepanjang masih sepi wisatawan yang berbeda dengan pantai kuta yang ada di Bali sekarang ini. Tapi mungkin pantai sepanjang ini adalah gambaran pantai kuta jaman doeloe.

Hamparan pasir putih ditemani ombak yang  saling bekejaran membuat suasana pantai begitu indah. Selain itu juga terdapat bukit karang yang menghiasi pantai sepanjang tersebut. Tak hanya pasir putih dan bukit karang yang menghiasi pantai tersebut. Jika ditengok lebih jeli, saat laut surut kita bisa melihat batuan karang yang tak beraturan dan menjadi dasar pantai ini. Di sudut pantai ini juga terlihat rumput laut yang menghijau diantara pasir dan  batu karang. Rumput laut tersebut biasanya diambil oleh warga sekitar yang kemudian diolah menjadi jajanan yang siap ditawarkan kepada pengunjung pantai sepanjang ini.

Jika kita mencoba jalan jalan menelusuri pantai ini , kita bisa melihat beberapa biota laut yang terjebak di kubangan diantara batuan karang saat sedang surut seperti bintang laut, bulu babi, siput laut dan ikan ikan kecil lainnya.

Di sepanjang pantai terdapat gubug gubug yang menyediakan berbagai makanan dan minuman yang dapat menemani kita berwisata di pantai ini. Kita bisa duduk dan ngobrol bersama teman di tempat duduk yang telah disediakan. Sejuknya hembusan udara pantai ditemani dengan beberapa makanan merupakan hal yang menyenangkan untuk menunggu tenggelamnya matahari di ujung laut.

 
Top