Pantai Ampenan terletak di kota tua Ampenan Lombok. Sebelumnya pantai ampenan dikenal sebagai pelabuhan pertama yang ada di lombok, menghubungkan pulau bali-lombok. Konon, pelabuhan ampenan juga merupakan pusat perdagangan yang menjadi sumber pendapatan daerah lombok, hal ini dapat terlihat dari peninggalan berupa bangunan tua yang dulunya adalah kantor Bank Indonesia.
Di sepanjang jalan menuju pantai ampenan juga dapat terlihat bangunan tua menyerupai arsitektur Belanda, yang sampai saat ini masih berdiri. Masyarakat Lombok, juga banyak menyebut Pantai Ampenan sebagai Kota Tua, Kota bersejarah, awal peradaban masyarakat Lombok.
Saat ini, Pantai Ampenan telah menjadi salah satu tujuan wisata para pelancong, yang ingin menikmati pantai dengan panaroama sunset (matahari tenggelam) dengan susasana di jaman Belanda. Exotic bukan?
Jadi bagi anda yang ingin melancong ke lombok, jangan lewatkan mengunjungi pantai ampenan. Selain anda dapat menikmati pantai dengan debur ombak, sunset, anda akan digiurkan dengan kuliner yang berjejer disepanjang pantai ampenan.
 
Top