"Who can deny the natural beauty of the underwater Indonesia? No need to Raja Ampat or Wakatobi which was already a dream destination lovers of the underwater world. You are living in Makassar, or was in Makassar should know docked briefly to Tanjung Bira. There Loe Liukang Island and Goat Island which you can enjoy the charm underwater."

Pulau Liukang Loe terletak persis di depan Pantai Bira, cuma butuh sekitar 15-30 menit menggunakan perahu untuk mencapai spot snorkling. Kondisi terumbu karangnya masih relatif lebih terjaga lho, cantik-cantik, bentuknya bervariasi mulai dari anemon warna-warni, karang yang seperti pohon natal, yang bentuknya seperti otak, dan masih banyak lagi. Kami cukup beruntung, setiap kali snorkling pasti bertemu makhluk baru seperti moray eel, lion fish, dan ikan-ikan cute warna-warni seperti di gambar bawah ini. Tapi sayangnya beberapa spot juga sudah rusak oleh bom ikan, terlihat dari terumbu karang yang hancur dan bewarna putih.

Pulau Kambing ini letaknya bersebelahan dengan pulau Liukang. Kenapa dinamakan pulau Kambing, saya sendiri juga kurang yakin. Ada yang bilang di pulau ini penduduk biasa angon (menggembala-red) kambing. Ada juga yang bilang di pulau ini banyak yang sedang mencari ilmu ghaib (lhah apa hubungannya dengan kambing ya). Pulau ini berbentuk tebing yang menjulang tinggi, bukan pantai pasir seperti biasa.

Lokasi snorkeling biasanya di dekat tebing dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam. Pemandangan di bawah memang luar biasa, lebih berwarna-warni tetapi arusnya lumayan keras sehingga seringkali kami terombang-ambing di permukaan. Jadi hari-hati ya kalau snorkling di daerah ini. Badan jadi cepat capek karena kita harus mempertahankan diri supaya tidak terhempas arus.

 
Top