" Lampu Island is an island located in District Belinyu, Bangka, Bangka Belitung. This island has an area that is almost the same as Lengkuas in Belitung Regency and equally has a lighthouse. According to the surrounding community, the island is called the Island of Lampu due to the light coming from the lighthouse on this island. But there are some people around yangmenyebutnya as Pulau Release. Referred to as the Release Island because the island also serves as a stopover fishermen to unwind."

Mercusuar yang berada di pulau ini merupakan bangunan peninggalan Belanda. Mercusuar setinggi 50 meter ini dinamakan Mercusuar H.M. Koningin Wilhelmina yang pernah dipugar pada tahun 1893. Berada di puncak mercusuar Pulau Lampu anda dapat melihat pemandangan berupa laut, pulau-pulau di sekitarnya hingga pemandangan Pulau Bangka dari kejauhan.

Berenang di perairan Pulau Lampu yang sangat jernih merupakan aktivitas lain yang dapat anda lakukan. Jika ingin melihat keindahan Pulau Lampu dari berbagai sudut, anda dapat berkeliling mengitari pulau ini menggunakan perahu sewaan. Tidak sampai seharian, anda dapat mengelilingi pulau ini karena pulau ini merupakan pulau kecil. Harga sewa perahu untuk berkeliling pulau ini tergantu dari kesepakatan dengan pemilik perahunya. Tak ada salahnya mengunjungi pulau yang termasuk kategori tak berpenghuni ini karena pulau ini menyuguhkan keeksotikan pemandangan alam yang masih asri dan alami.

 
Top