"Vacation to the island of Kenawa almost the same taste with a vacation on a private island, atmosphere quiet and peaceful to make us feel comfortable on this island, although there is no clean water that actually is in need, but if for a holiday is less about a day or two days, maybe it is sufficient to satisfy yourself for being outdoors"

Pulau Kenawa-Indonesia memiliki beribu-ribu pulau, setiap pulau memiliki keindahan sendiri-sendiri, baik itu pulau yang besar, maupun pulau yang kecil. Salah satu pulau yang ada di indonesia ini adalah Pulau Kenawa, pulau ini kecil, jalan kakipun anda bisa mengelilinginya. Meski begitu Pulau Kenawa ini adalah pulau yang sangat indah, memang belum terlalu banyak dikenal, namun siapa saja yang melihatnya pasti akan kagum.

Lokasi dan Transportasi

Pulau Kenawa ini adalah salah satu Pulau Wisata yang cantik di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Letaknya tidak jauh dari Pelabuhan Poto Tano Sumbawa, mungkin hanya dengan 15 menit saja anda sudah bisa sampai di pulau ini.

Anda bisa menggunakan kapal-kapal kecil untuk bisa menyeberang ke pulau ini, tapi jangan salah, dermaga untuk menyeberang ke Pulau Kenawa ini khusus lho, lokasinya berada 200 meter di sebelah utara pelabuhan Poto Tano, jadi jangan naik ke dermaga yang lain ya.

Dari kota Sumbawa Besar hingga ke Poto Tano ini jaraknya mencapai 93 kilometer, jadi akan memakan waktu sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan. Sedangkan bagi anda yang berasal dari luar Sumbawa, anda bisa memilih naik bus dengan tujuan Lombok, kalau dari Jakarta tarif standar bus untuk ke Lombok ini kurang lebih sebesar Rp 400.000*) per orangnya dengan waktu tempuh dua hari.

Namun tentunya tarif bus dan juga lama perjalanannya tergantung dari mana lokasi pemberangkatan anda, semakin dekat jaraknya akan semakin murah harganya. Jika anda ingin lebih cepat sampai maka anda bisa menggunakan pesawat, akan tetapi harga tiket termurah untuk sampai ke lombok kurang lebih adalah sebesar Rp 709.000*) untuk orang dewasa.

Begitu anda sampai di kota Lombok, anda akan melanjutkan perjalanan ke kota Mataram untuk sampai ke Pelabuhan Kayangan, nah dari Pelabuhan Kayangan anda akan menyeberang ke Pelabuhan Poto Tano menggunakan kapal ferry dengan tarif Rp 50.000*) per orangnya, perjalanan dari Pelabuhan Kayangan hingga ke Pelabuhan Poto Tano ini ditempuh dalam kurun waktu 2 jam. Setelah itu anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau kenawa selama 15 menit saja.

Pulau Kenawa ini memang tidak berpenghuni, namun disana terdapat sebuah pondok kecil yang terbuat dari kayu dan bambu biasa untuk anda menginap, secara gratis! Meski begitu, sangat jarang ada wisatawan yang menggunakan pondok kecil itu untuk tidur, dan pondok itu akhirnya hanya digunakan sebagai tempat ganti pakaian saja, karena hampir semua wisatawan memilih untuk berkemah di tengah-tengah padang rumput luas di pulau ini.

 
Top