Pantai Gua Cemara menjadi pantai alternative bila bosan dengan pantai yang itu-itu saja seperti Pantai Parangtritis. Di tempat ini tak ubahnya dengan berbagai objek wisata pantai yang lain dengan pasir hitamnya. Hanya saja memiliki kekhasan dan keunikan yang tidak ada di tempat lain.

Jadi bagi yang belum pernah berkunjung jangan pernah mencari tahu bentuk guanya seperti apa atau ada keinginan menemukan lokasinya dimana. Di sini tidak ada gua yang ada hanya rerimbunan pepohonan yang menyerupai gua.

Pantai Gua Cemara ini berada di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul, Jogja. Jaraknya bila diukur dari pusat kota sekitar 30 kilometer, jadi butuh waktu lumayan panjang dan bikin bokong pegel bagi yang tak biasa perjalanan jauh.

Untuk menjangkau tempat asyik ini sangatlah mudah. Dari Jogja bisa menuju Jalan Bantul kemudian belok kanan di perempatan Palbapang. Nanti ada lampu APILL di Sapuangin ambil kiri dan terus ke selatan nanti akan ketemu dengan pantai baru ini.

Hanya saja belum ada papan penunjuk yang jelas dari jalan utama. Jadi bagi yang tidak suka berpetualang atau takut tersasar jangan segan-segan untuk langsung bertanya pada penduduk sekitar.

Dikatakan gress karena objek wisata ini tergolong baru dikenal public. Seiring dengan banyaknya pembangunan akses jalan membuat pantai ini mudah dijangkau. Jalan mulus telah tersedia hingga bibir pantai sehingga memudahkan siapapun yang berkunjung.

Pantai ini mulai dikenal sejak tahun 2010 silam. Namun demikian berbagai fasilitas yang ada telah memadai sehingga tidak akan kerepotan. Selain itu bagi yang tertarik dengan kuliner seafood di tempat ini juga banyak tersedia berbagai olahan ikan di warung pesisir.

 
Top