Pesona keindahan pantai Jembatan Panjang berupa hutan yang masih alami dan hamparan pasir yang sangat luas, pengunjung bisa bermain dan bersantai sambil menikmati keindahan pantai selatan. Panorama keindahan pantai ini juga sering digunakan untuk tempat pemotretan, karena lokasi Jembatan Panjang yang indah akan pemandangan dan pepohonan yang rindang ditambah lagi dengan jembatannya yang putus-putus sungguh keindahan alam jarang ditemukan di pantai lain.

Sekilas mitos tentang pantai Jembatan Panjang, konon katanya jembatan yang berada di atas pantai tersebut sudah berkali-kali diperbaiki. Namun perbaikan jembatan tersebut hanya berhasil dengan sia-sia karena menurut cerita dari warga sekitar jembatan yang menyambungkan ke pulau tersebut tidak disetujui oleh penghuninya (makhluk halus).

Juga ada yang mengatakan bahwa di tempat tersebut digunakan tempat untuk pertapaan yang berkisaran sudah bertahun-tahun. Kemungkinan besar jika jembatan itu diperbaiki lagi akan tidak berbuah sia-sia apabila petapa tersebut sudah selesai melakukan pertapaannya. Akan tetapi jika petapa tersebut belum selesai melakukan pertapaan, apabila melakukan perbaikan jembatan lagi akan berbuah sia-sia seperti sebelumnya.

 
Top