Gugusan pantai kidul di kawasan Yogyakarta memang menawarkan pesona yang memikat. Salah satu di antara pantai-pantai yang banyak diminati wisatawan itu adalah Pantai Kukup. Pantai landai berpasir putih yang terletak di desa Kemandang, Kabupaten Gunung Kidul ini dapat dicapai dengan mudah melalui jalan raya yang  berjarak sekitar 40 km atau sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Dalam perjalanan, kita dapat menikmati keindahan bentang alam khas Gunung Kidul yang mengapit jalan berkelok-kelok menuju lokasi.

Dari area parkir debur ombak sudah terdengar.  Wangi masakan ikan yang menguar dari deretan warung yang ada di sini segera menyergap penciuman, membangkitkan selera makan. Tapi tentu saja, sebelum menikmati aneka hidangan itu, sebaiknya kita segera menuju pantai terlebih dulu.

Pantai Kukup merupakan pantai yang indah. Di sepanjang pantai terhampar pasir putih yang halus dan bersih, membuat siapa pun tergoda untuk segera menjejakkan kaki dan bermain-main di atasnya. Anak-anak tampak gembira meraup butirannya dan membuat beraneka bentuk gunungan pasir.  Sesekali terdengar seruan gembira saat menyambut riak ombak yang membasahi kaki bahkan seluruh badan. Ombak di kawasan ini cenderung lebih tenang, karena terlindung oleh gugusan batu karang yang terdapat di kedua sisi pantai.

Keindahan Pantai Kukup terbentuk dari perpaduan laut biru, pasir putih, dan gugusan bukit karang di sekitarnya. Di sebelah timur terdapat sebentuk bukit karang yang letaknya agak di tengah laut dan terhubung oleh sebuah jembatan ke bukit terdekat, menjadi pusat perhatian saat kita melepaskan pandangan ke arah laut. Keindahannya mengingatkan pada pemandangan di Tanah Lot Bali. Di atas karang ini terdapat sebuah shelter yang berfungsi sebagai menara pandang. Dari shelter ini, wisatawan dapat menikmati keindahan laut luas, bentangan pantai dan bukit-bukit di sekitarnya.

Saat laut sedang surut, wisatawan dapat berjalan-jalan lebih ke tengah, di atas hamparan karang dengan air laut yang dangkal dan tampak jernih. Di sini sering ditemukan berbagai ikan hias kecil dan rumput laut yang bisa diambil dengan menggunakan jaring kecil. Aktivitas yang sangat disukai oleh  anak-anak ini menjadi tantangan tersendiri, karena ternyata ikan-ikan itu bergerak lebih gesit dari yang diduga.

Sambil menikmati suasana pantai, wisatawan dapat menikmati kesegaran kelapa muda dan aneka penganan ringan  yang banyak dijual di tempat ini. Selanjutnya wisatawan juga dapat berjalan-jalan ke bukit-bukit yang ada di sekitar kawasan ini dan melihat laut dari ketinggian bukit.

Fasilitas yang tersedia di kawasan ini cukup lengkap. Selain masjid dan tempat parkir yang memadai, tersedia banyak toilet dan kamar bilas sebagai tempat mandi atau sekadar berganti pakaian. Tak perlu khawatir jika pakaian Anda basah, karena di sini terdapat banyak pedagang pakaian yang menjual beragam kaos, batik maupun celana.

Sebelum pulang, sempatkanlah untuk melihat-lihat ikan hias yang banyak dijual di sini . Dan tentu saja, menikmati masakan seafood, seperti ikan bakar, sup patin, goreng udang, dan goreng rumput laut, yang terasa lezat karena kesegarannya.

Tips:
– Berangkatlah pagi-pagi, supaya bisa tiba di pantai ini sekitar jam 9-10. Pada jam sekian, matahari tidak terlalu terik dan ombak masih relatif tenang.
– Untuk kenyamanan, jangan lupa membawa topi, kacamata, handuk, baju ganti,sabun, obat-obatan (terutama tetes mata , obat luka, plester) dan sunblock (pakai sekitar 1 jam sebelum tiba di pantai). Anak-anak baiknya juga dibawakan peralatan main pasir, supaya acara main pasir jadi lebih seru. Selamat berkunjung ke pantai Kukup!

 
Top